Antara OPINI dan FAKTA

25 Juni 2016 12:46

Saya sering dapat pertanyaan baik dari para pembaca buku, Sahabat FB, calon klien, maupun sesama praktisi hipnoterapi tentang teknik terapi tertentu yang diklaim mampu sangat cepat menyembuhkan beragam masalah hanya dalam hitungan detik atau menit.

Pertanyaan rekan-rekan ini adalah, "Apakah benar teknik ini begitu efektif?" 

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini tentu dibutuhkan pemahaman akan kerja teknik tersebut, dasar teorinya, dan hasil penelitian aplikasinya. 

Saya, dari pengalaman klinis, meragukan atau skeptis bila mendengar ada teknik yang mampu sembuhkan masalah hanya dalam bilangan detik atau satu dua menit. Yang sering terjadi adalah teknik ini hanya menghilangkan simtom, bukan menyembuhkan masalah klien. Walau skeptis, saya tetap terbuka dan justru ingin tahu lebih lanjut. Dan bila ternyata teknik ini benar-benar efektif, seperti yang diklaim, saya pasti akan memelajarinya karena saya ingin membantu klien mencapai kesembuhan dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.

Berhubung saya tidak mendalami atau memelajari teknik yang dimaksud maka saya beri saran atau cara untuk memvalidasi klaim keefektifan suatu teknik. Tentu saja cara ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Bagaimana caranya?

Biasanya yang orang lakukan adalah bertanya pada mesin pencari Google. Mereka mengetik www.Google.com lalu menuliskan kata kunci, yaitu nama teknik dimaksud, lalu tekan "Enter".

Google dengan cepat menampilkan tautan yang berisi informasi dengan kata kunci yang dimaksud. Pencarian cara ini biasanya akan menampilkan banyak tautan ke blog, situs pribadi, situs lembaga atau organisasi tertentu baik di dalam maupun luar negeri, dll. Informasi ini masih perlu divalidasi lebih lanjut karena sering lebih banyak berisi opini, bukan fakta yang divalidasi riset mendalam.

Dan sahabat, tahukah Anda bahwa ada satu fasilitas pencarian dari Google yang jauh lebih akurat dalam konteks informasi riset, buku teks, jurnal, atau hal-hal yang bersifat ilmiah?

Anda bisa mengetik Scholar.Google.Com (tanpa "www"). Nanti akan muncul Google Scholar dan Anda bisa mengetik kata kunci di jendela yang tersedia.

Misal, Anda ingin tahu apakah hipnoterapi bisa digunakan untuk menyembuhkan fibromialgia. Setelah masuk ke Scholar.Goggle.Com, Anda ketik kata kunci, tentu semuanya dalam bahasa Inggris: hypnosis and fibromyalgia, atau hypnotherapy and fibromyalgia. Nanti akan muncul sangat banyak tautan yang bila diklik akan membawa Anda ke beragam informasi penting terkait topik ini.

Atau bila Anda ingin tahu tentang, misalnya teknik "ABC" yang diklaim dapat sembuhkan beragam masalah emosi hanya dalam waktu satu menit, maka masukkan kata kunci "ABC" dan lihat apa yang muncul di layar.

Dengan demikian kita bisa menepis keraguan dan bisa membedakan antara opini dan fakta.

Silakan mencoba.....

 

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online4
Hari ini778
Sepanjang masa34.516.777
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique