Hipnoterapi untuk Penyembuhan Luka Bakar

Saat seseorang mengalami luka bakar, ada dua proses berbeda yang terjadi padanya. Pertama, kulit yang mengalami luka bakar menjadi rusak karena panas. Ini terjadi dalam sekejap. Selanjutnya muncul respon inflamasi yang mengakibatkan wilayah terdampak menjadi bengkak, meradang, dan terasa sakit. Reaksi ini butuh waktu antara dua hingga empat jam untuk mencapai efek penuh.
Jeda waktu ini yang dimanfaatkan oleh Dr. Dabney Ewin dari Tulane University di New Orleans, yang juga adalah hipnoterapis, membantu pasien yang mengalami luka bakar. Dr. Ewin menggunakan hipnoterapi bukan sebagai upaya terakhir, namun sebagai upaya pertama, dalam membantu pasien luka bakar di instalasi gawat darurat penanganan luka bakar di rumah sakit.
Dalam satu kesempatan wawancara di tahun 1980, untuk BBC TV (https://www.youtube.com/watch?v=u34HoFVxSNc) Dr. Ewin menyatakan bahwa bila pasien dapat ditangani dalam waktu dua jam pertama sejak luka bakar terjadi, sebelum respon inflamasi bekerja, maka respon ini dapat dihentikan, karena dengan hipnoterapi, pasien dapat dibuat seolah tidak mengalami luka bakar.
Dr. Ewin menunjukkan bukti dengan menunjukkan foto luka bakar, 3.000 derajat Celcius, yang terjadi pada lengan pasiennya, akibat ledakan gas karbid (asetilen).
Dalam waktu satu jam setelah kejadian, pasien ini jumpa Dr. Ewin di rumah sakit, dihipnoterapi, luka bakarnya dibalut, dan ia dapat langsung kembali bekerja. Keesokah harinya, kulit pasien ini masih tetap gosong, namun tidak ada pembengkakan, tidak ada infeksi, dan sama sekali tidak ada rasa sakit. Lengan pasien ini sembuh total hanya dalam waktu dua belas hari.
Di tahun 1983 Dr. Ewin menulis artikel "Emergency Room Hypnosis for the Burned Patient" menjelaskan aplikasi hipnosis / hipnoterapi untuk penanganan luka bakar dan dipublikasi di American Journal of Clinical Hypnosis.
Saya cukup beruntung karena punya buku menjelaskan teknik yang dilakukan oleh Dr. Ewin. Dan saya juga punya video penanganan luka bakar dengan hipnoterapi, salah satunya menampilkan Dr. Ewin, yang biasa saya tunjukkan di kelas SECH.


Dipublikasikan di https://www.adiwgunawan.com/articles/hipnoterapi-untuk-penyembuhan-luka-bakar pada tanggal 26 Juli 2021 14:25