Standar Internasional Pelatihan Hipnoterapi

12 Juni 2019 01:04

Menjadi hipnoterapis profesional, cakap, andal, dan efektif membantu sesama mengatasi beragam masalah perilaku dan emosi, butuh proses belajar panjang, dengan standar mutu pelatihan dan kompetensi yang jelas dan terukur.

Sejak belajar hipnoterapi pertama kali dengan guru saya, alm. Yan Nurindra di tahun 2005, saya melanjutkan belajar dan mendalami hipnoterapi ke berbagai pakar hipnoterapi dunia, baik secara langsung maupun melalui buku-buku yang mereka tulis, dan juga video-video mereka. 

Hingga saat ini saya masih terus belajar dan mengembangkan diri. Selalu ada hal baru yang saya temukan. Dan semakin didalami, semakin saya sadari betapa luas dan dalam dunia pikiran. Saya teguh memegang prinsip bahwa menjadi hipnoterapis profesional mensyaratkan komitmen, dedikasi, proses belajar dan bertumbuh sepanjang hayat. 

Menjadi hipnoterapis profesional diawali dengan pengetahuan dan kesadaran akan alasan dan tujuan belajar hipnoterapi. Calon hipnoterapis perlu menyadari bahwa terdapat perbedaan mendasar antara tanda kesertaan (sertifikat) yang diperoleh usai mengikuti pelatihan dan kompetensi yang berhasil dibangun. Sertifikat dan gelar tidak menjamin kompetensi. Sayangnya, banyak orang lebih menggemari sertifikat daripada kompetensi. 

Terdapat perbedaan mendasar antara mereka yang ikut pelatihan hipnoterapi dengan tujuan untuk sekadar tahu dan mereka yang sungguh-sungguh belajar hipnoterapi dengan tujuan menjadi hipnoterapis profesional. 

Untuk mengetahui secara pasti dan jelas standar pelatihan hipnoterapi yang baik, kita dapat mengacu pada standar yang digunakan atau ditetapkan asosiasi hipnoterapi terkemuka dunia. 

Berikut ini berberapa di antaranya. Saya tuliskan nama negara, nama asosiasi, jenjang sertifikasi dan lama masa pelatihannya. 

Amerika 

A.C.H.E (American Council of Hypnotist Examiners)

Certified Hypnotherapist - 200 jam (25 hari)

Certified Clinical Hypnotherapist - 300 jam (38 hari)

 

Inggris

G.H.S.C (General Hypnotherapy Standards Council)

Certified Hypnotherapist - 120 jam (15 hari)


Canada

A.R.C.H (Association of Registered Clinical Hypnotherapists)

Certified Hypnotherapist - 225 jam (28 hari)

Certified Clinical Hypnotherapist - 325 jam (41 hari)


Australia

A.H.A (Australian Hypnotherapy Association)

Certified Hypnotherapist - 300 jam (38 hari)


Sementara American Society of Clinical Hypnosis (ASCH) menetapkan syarat sertifikasi hipnosis klinis (Certification of Clinical Hypnosis) antara lain:

- memiliki gelar minimal strata dua (S2) di bidang kesehatan dan punya ijin praktik

- minimal 40 jam pelatihan yang diakui ASCH (20 jam untuk kelas dasar dan 20 jam untuk kelas menengah)

- minimal 20 jam pelatihan atau konsultasi individual dengan Konsultan yang disetujui ASCH.

- minimum praktik mandiri 2 tahun menggunakan hipnosis klinis (terhitung 2 tahun sejak menyelesaikan pelatihan dasar).

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online9
Hari ini1.194
Minggu ini6.627
Bulan ini54.084
Bulan lalu79.406
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Instagram
05 Tell Friends