Dalam Terapi, Perlukah Melakukan Validasi Data Bawah Sadar?

6 Agustus 2012 12:27

Seorang rekan terapis merasa bingung dengan data yang diungkapkan pikiran bawah sadar kliennya. Rekan ini, dalam upaya menemukan akar masalah klien, melakukan beberapa teknik uncovering dalam hipnoanalisis.

Menurut rekan saya ini, ia merasa data yang didapat saat melakukan uncovering tidak masuk akal, aneh, tidak urut, tidak sesuai konteks, sepertinya bohong atau hanya fantasi, dan yang lebih parah lagi seolah-olah data ini berasal dari kehidupan lampau (past life) klien.

Saat saya tanya apa yang ia lakukan saat merasa bahwa informasi yang ia dapat tidak masuk akalnya, ia menjawab, “Ya, saya hentikan terapinya. Kan tidak mungkin saya bisa melakukan terapi dengan baik bila data yang saya dapatkan ternyata tidak akurat atau tidak masuk akal.”

Hasil diskusi saya dengan rekan ini sengaja saya angkat menjadi artikel karena saya memandang hal ini sangat penting untuk diketahui. Ketidak-jelasan atau kebingungan mengenai kesahihan data yang terungkap dari pikiran bawah sadar sudah tentu akan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil terapi yang dilakukan.

Perlu dibedakan antara aplikasi hipnosis untuk terapi, yang kita kenal dengan hipnoterapi, dan untuk menggali data dari pikiran bawah sadar untuk tujuan investigasi atau forensik.

Hipnosis forensik digunakan untuk menggali data dari pikiran bawah sadar yang dibutuhkan untuk investigasi dan penyidikan. Data yang berhasil digali akan dibandingkan atau dicocokkan dengan data lain yang sebelumnya telah berhasil dikumpulkan. Dengan kata lain dilakukan validasi data.  

Hipnoterapi bertujuan untuk membantu klien mengatasi masalah yang berhubungan dengan mental atau emosi. Biasanya klien datang ke terapis dengan membawa masalah tertentu, misalnya stress, fobia, tidak percaya diri, perasaan bersalah, dan atau penyakit psikosomatis. Ada sangat banyak hal yang dapat dibantu diringankan atau disembuhkan dengan hipnoterapi.  

Hipnoterapi bisa dilakukan hanya dengan memberikan sugesti. Bila pemberian sugesti tidak membuahkan perubahan positif seperti yang diharapkan maka hipnoterapis perlu melakukan hipnoanalisis untuk mencari dan menemukan akar masalah.

Hipnosis forensik dan hipnoanalisis sama-sama melakukan pencarian atau penggalian data namun menggunakan metode, teknik, dan strategi yang berbeda, dan dengan tujuan yang berbeda.

Nah, pembaca, kembali pada judul di atas, “Dalam terapi, perlukah melakukan validasi data bawah sadar?

Jawabannya singkat dan jelas, “Tidak perlu.”

Bagaimana bila data yang terungkap dirasa tidak masuk akal?

Data ini tidak masuk akalnya terapis, namun sangat masuk akalnya klien. Bila terapis bersikeras bahwa data yang terungkap tidak bisa digunakan, karena tidak masuk akal, maka saya menyimpulkan dua hal. Pertama, terapis ini sebenarnya tidak tahu apa yang ia lakukan. Kedua, terapis ini menggunakan pendekatan therapist-centered (berpusat pada terapis), bukan client-centered (berpusat pada klien).

Therapist-centered (TC) maksudnya adalah proses terapi yang berpusat pada terapis. Satu contoh pendekatan TC adalah terapis, berdasar pemahaman dan analisisnya menentukan apa yang menjadi akar masalah klien. Sedangkan pada client-centered (CC) therapy, akar masalah diungkap oleh pikiran bawah sadar klien. Apapun yang muncul dari pikiran bawah sadar klien inilah yang diproses oleh hipnoterapis.  

Saya pernah mendapat pertanyaan dari seorang calon klien, “Pak Adi, saya pernah diterapi oleh seorang hipnoterapis. Sebelum bertemu dengannya saya diminta menulis dan menceritakan masalah saya di kertas putih A4 tidak bergaris. Lalu saya diminta untuk mengirim tulisan tangan saya ini via faks ke si terapis. Saat bertemu dengan terapis saya diberitahu bahwa berdasar analisisnya terhadap cerita yang saya tulis dan juga terutama dari bentuk tulisan tangan saya, ia menyimpulkan bahwa akar masalah saya terjadi di masa kecil, usia 5 tahun, dan berhubungan dengan ibu saya. Nah, menurut pendapat Pak Adi apakah ini benar?”

Saya jelaskan bahwa saya tidak bisa dan tidak boleh memberi penilaian benar atau salah terhadap analisis terapis yang sebelumnya menangani klien ini karena tidak tahu secara persis apa yang menjadi dasar analisisnya.

Yang bisa saya sampaikan adalah bahwa bila terapis yang menentukan akar masalah, bukan pikiran bawah sadar klien, terlepas teknik yang ia gunakan, maka pendekatan ini masuk dalam therapist-centered.

Bila terapis menggunakan pendekatan client-centered maka ia bisa saja punya perkiraan mengenai akar masalah klien. Namun ia tidak boleh menyampaikan hal ini pada klien agar klien tidak terpengaruh.

Nanti, dalam proses terapi, data yang disampaikan pikiran bawah sadar klien, apapun datanya, akan dicek apakah benar akar masalah atau bukan dengan menggunakan teknik tertentu. Namun terapis tidak berkepentingan untuk memeriksa apakah data yang disampaikan ini merujuk pada satu kejadian nyata atau sekedar fantasi.

Mengapa tidak dilakukan validasi?

Karena tujuan hipnoterapi adalah untuk menyembuhkan klien, bukan untuk investigasi. Data yang diungkapkan adalah data yang oleh pikiran bawah sadar klien dianggap, dirasa, dipandang, atau yang paling pantas dan pas dinyatakan sebagai akar masalah.  

Sebagai terapis kita perlu selalu ingat bahwa peran kita hanya sebagai fasilitator, bukan investigator, apalagi interogator.

Hal lain yang perlu diingat yaitu memori tidak terlalu bisa diandalkan. Banyak orang punya pandangan yang keliru mengenai memori. Umumnya mereka berpikir bahwa pikiran bawah sadar berfungsi sebagai kamera yang merekam semua pengalaman yang dialami seseorang ke dalam “hard disk” memori. Pada kenyataannya tidak seperti ini.

Memori bersifat dinamis dan rekonstruktif. Artinya, memori bisa berkurang, bertambah, dan bercampur dengan data lama atau baru, dan bahkan dapat bercampur dengan imajinasi, fantasi, atau mimpi. Semua ini bisa terjadi karena pikiran bawah sadar beroperasi dengan trance-logic, bukan conscious logic.

Pikiran bawah sadar menggunakan bahasa yang berbeda dengan pikiran. Data yang terungkap bisa berupa metafora, kiasan, atau bahasa simbolik. Informasi yang seolah-olah berasal dari kehidupan lampau (past life) seringkali sebenarnya adalah metafora atau kiasan berdasar kisah yang pernah didengar atau dibaca oleh klien. Apapun bentuk data atau informasinya, selama bisa digunakan untuk membantu klien dan punya efek terapeutik yang positif, sebaiknya dimanfaatkan atau diutilisasi demi kebaikan dan kesejahteraan klien sebesar-besarnya.  

Salah satu klien saya, saat diregresi, kembali ke “kehidupan lampau” di tahun 733. Banyak informasi yang saya dapatkan dari pikiran bawah sadar klien. Namun ada satu yang tidak konsisten yaitu pikiran bawah sadar klien menyarankan si klien untuk membuka tutup gelasnya dan tetap rendah hati.

Lha, saya bingung. Di tahun 733 kan tidak ada gelas. Namun saya tidak punya kepentingan “mengoreksi” hal ini. Dari penggalian lanjutan diketahui bahwa klien ini ternyata bersikap agak tinggi hati atau arogan. Ini yang menghambat karirnya sehingga sudah beberapa kali tidak mendapat promosi.

Sebagai terapis saya memaknai cerita ini sebagai bentuk “penghindaran” oleh pikiran bawah sadar sehingga tidak menyalahkan klien. Masalah klien ini “disebabkan” oleh kejadian di kehidupan lampaunya, bukan oleh klien di kehidupan ini. Dan tutup gelas adalah metafora untuk sikap terbuka dan siap belajar serta mendengar masukan atau input dari orang lain.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online2
Hari ini464
Sepanjang masa34.528.866
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique