Hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Memilih Lembaga Tempat Belajar Hipnoterapi

31 Mei 2012 19:41

Mempelajari dan mempraktikkan hipnoterapi klinis untuk membantu sesama mengatasi masalah yang berhubungan dengan pikiran dan emosi dan untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik adalah profesi yang sangat mulia. Hipnoterapis  klinis (clinical hypnotherapist) sama dengan para praktisi dan profesional healing art lainnya seperti konselor, psikolog, psikiater, dan dokter harus bersikap dan bertindak profesional sesuai standar dan etika profesi.

Langkah awal menjadi seorang hipnoterapis klinis yang profesional dimulai dengan mengikuti pendidikan dan sertifikasi hipnoterapis klinis di lembaga yang mengajarkan hipnoterapi klinis sesuai dengan standar mutu, kurikulum, dan proses pendidikan yang baik.    

Banyak orang kecewa dan frustrasi karena setelah “belajar” tidak mampu mempraktikkan hipnoterapi klinis seperti yang mereka harapkan dalam membantu sesama. Kendala yang umumnya dialami oleh mayoritas “hipnoterapis” ini antara lain:

• Tidak percaya diri dalam mempraktikkan hipnoterapi.
• Tidak berani mempraktikkan hipnoterapi.
• Selesai pelatihan malah tambah bingung.
• Mampu praktik namun hasilnya tidak maksimal atau gagal membantu klien.
• Kadang berhasil namun lebih sering gagal.
• Hasil terapi tidak permanen atau klien kambuh.
• Untuk kasus yang ringan, bisa. Kasus yang berat, tidak bisa.

Mengapa semua ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah kembali pada kualitas pendidikan yang dijalani seseorang dalam rangka menjadi hipnoterapis klinis. Dan ini sangat ditentukan oleh kualitas lembaga tempat ia belajar dan trainer yang mengajar.

Mengapa dua hal ini penting?

Setiap lembaga yang mengajar hipnoterapi klinis mempunyai kurikulum dan proses pendidikan yang berbeda. Ini semua bergantung pada trainer yang mendirikan lembaga ini. Hal-hal yang harus benar-benar diperhatikan saat memilih lembaga tempat belajar hipnoterapi klinis adalah:  

•Sudah berapa lama lembaga ini berdiri?  

Lama atau baru berdiri bukan hal yang utama. Yang penting adalah kurikulum, lama waktu belajar, latar belakang trainer, pengalaman trainer, dan dukungan setelah selesai pendidikan dalam bentuk coaching dan mentoring.  

Dan akan lebih bijaksana bila Anda meneliti dan memutuskan memilih lembaga tempat Anda akan belajar hipnoterapi klinis dengan hati-hati dan cermat. Lembaga yang telah lama berdiri tentu harus memiliki rekam jejak (track record) yang baik. Jangan sampai setelah Anda belajar di satu lembaga tidak lama kemudian lembaganya tutup karena sepi peminat.

Selain itu anda juga perlu meneliti apakah lembaga ini berdiri sendiri atau berafiliasi ke lembaga mana di luar negeri? Bila ya, Anda juga perlu meneliti lembaga afiliasi yang di luar negeri. Anda dapat melakukan penelitian melalui internet.    

Di Indonesia hingga saat ini belum ada regulasi yang secara khusus mengatur pendidikan dan sertifikasi hipnoterapis sehingga siapa saja bisa mengajar hipnoterapi.
 
•Dukungan apa yang diberikan seusai pendidikan?

Ini sangat penting. Saat dalam proses pendidikan trainer tidak mungkin bisa menjelaskan atau mengajarkan penanganan semua jenis kasus. Selesai pendidikan dan saat mulai praktik sebagai hipnoterapis klinis Anda pasti menjumpai kasus-kasus unik yang tidak dijelaskan di dalam kelas. Untuk ini Anda membutuhkan bantuan dan bimbingan trainer dalam bentuk coaching dan mentoring berkelanjutan. Tanpa coaching dan mentoring Anda akan sulit berkembang dan menjadi seorang hipnoterapis klinis yang benar-benar cakap, kompeten, dan profesional.  

•Apa kurikulum atau materi yang diajarkan?

Saat ini ada sangat banyak lembaga yang mengajarkan hipnoterapi. Untuk itu Anda perlu benar-benar jeli dalam meneliti apa saja yang diajarkan di lembaga tempat Anda belajar. Sebagai calon peserta pelatihan Anda harus dan berhak mengajukan pertanyaan sedetil-detilnya meliputi antara lain:
- Berapa porsi teori dan praktik?
- Apa teori pikiran yang diajarkan?
- Hipnoterapi yang diajarkan apakah berbasis suggestive therapy ataukah hypno-analysis?  

•Teknik intervensi klinis apa yang diajarkan?

- Apa saja kasus yang pernah ditangani dengan teknik yang diajarkan?
- Berapa sesi dibutuhkan untuk menangani satu kasus?
- Berapa tingkat keberhasilannya?  

•Berapa lama proses pendidikan berlangsung?  

Lama pendidikan sangat menentukan jumlah dan penguasaan materi yang diajarkan. Sesuai standar internasional lama pendidikan menjadi hipnoterapis adalah minimal 100 (seratus) jam tatap muka di kelas atau setara dengan 2 semester kuliah. Ini tidak termasuk waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas yang diberikan trainer seperti membaca buku, menonton video, atau latihan praktik.

Standar di atas adalah minimal. Ada lembaga yang mensyaratkan untuk menjadi hipnoterapis minimal harus menempuh pendidikan selama 200 (dua ratus) jam dan hipnoterapis klinis selama 300 (tiga ratus) jam tatap muka di kelas. 

•Apakah pendidikan ditempuh dengan pembelajaran di kelas / tatap muka, on-line atau dengan menonton video?  

Belajar hipnoterapi klinis tidak bisa dilakukan on-line dan atau dengan menonton video, harus dalam format pertemuan tatap muka di kelas. Jadi, jangan tergiur dengan tawaran atau iming-iming sertifikasi melalui pembelajaran on-line atau pembelajaran jarak jauh dengan menonton video. Bisa anda bayangkan bagaimana kualitas lulusan lembaga yang mengajarkan akupuntur atau pijat refleksi secara on-line atau menonton video. Anda memang pasti mendapat sertifikat, bila belajar on-line, namun tidak punya kecakapan atau keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi hipnoterapis klinis yang cakap, kompeten, andal, dan profesional. Dan sudah tentu bila Anda berada dalam posisi sebagai klien maka Anda pasti tidak akan bersedia diterapi oleh hipnoterapis yang belajar dan mendapat sertifikat melalui pembelajaran on-line atau menonton video.  

Nanti, bila telah menguasai basic dengan baik maka Anda dapat meneruskan pembelajaran (continuing education) secara on-line. Di tahap awal Anda harus belajar di kelas dan dibimbing oleh pengajar yang berpengalaman. 

•Siapa pengajarnya?      

Keberhasilan anda sebagai hipnoterapis klinis juga sangat ditentukan oleh siapa yang mengajar Anda. Untuk itu Anda perlu cermat dan hati-hati memilih kepada siapa Anda akan belajar hipnoterapi klinis. Beberapa pertanyaan yang perlu anda pikirkan dan tanyakan untuk dapat memilih pengajar yang baik antara lain:

- Siapa pengajar di lembaga ini?
- Apa latar belakangnya?
- Di mana ia belajar hipnoterapi?
- Berapa lama masa pendidikannya dan di lembaga mana?
- Apakah pelatihannya dengan sistem tatap muka atau on-line?
- Siapa gurunya?
- Sudah berapa lama ia lulus pendidikan?
- Apakah ia aktif berpraktik sebagai hipnoterapis klinis?
- Kalau ya sudah berapa lama?
- Apa saja kasus yang telah ia tangani, berapa tingkat keberhasilannya?
- Sertifikasi apa saja yang ia miliki, selain sertifikasi hipnoterapi? Dari lembaga mana?
- Berapa lama setelah selesai pendidikan dan sertifikasi sebagai hipnoterapis ia mulai mengajar? Hal ini sangat penting karena Anda tentunya tidak ingin diajar oleh pengajar yang tidak berpengalaman yang hanya menguasai teori dan dengan pengalaman dan jam terbang yang minim.
- Apakah ia ada menulis buku? Kalau ada, cari bukunya dan baca. Hal ini untuk membantu Anda lebih mengenal calon pengajar Anda.
- Apakah ia punya website? Kalau ya, kunjungi dan baca apa yang ada di website-nya, terutama artikel-artikel yang ditulisnya. Ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai calon pengajar atau trainer Anda.
- Apakah ada live therapy yang dilakukan di kelas semasa pelatihan? Kalau ya, berapa live therapy yang dilakukan dan klien yang diterapi apakah berasal dari peserta ataukah dari luar? Bila klien berasal dari luar peserta maka tingkat kesulitan yang dihadapi oleh pengajar Anda akan jauh lebih tinggi. Dengan demikian saat ia melakukan live therapy Anda dapat melihat kecakapan, kompetensi, dan kemampuannya dalam penanganan kasus riil dan bagaimana ia mempraktikkan semua yang ia ajarkan pada Anda dalam menangani kasus riil. Dan yang juga sangat penting adalah bagaimana hasil live therapy ini?

Mengapa Anda perlu serius mempertimbangkan belajar hipnoterapi klinis di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology?    

Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology (d/h Quantum Hypnosis Indonesia, didirikan 2008) adalah lembaga pendidikan dan sertifikasi hipnoterapis klinis profesional yang didirikan oleh Adi W. Gunawan, pakar, praktisi, dan pengajar hipnoterapi klinis yang dikenal sebagai Indonesia Leading Expert in Mind Technology.   

Adi adalah sosok pembelajar sejati yang unik. Pendidikan formal telah ia tempuh hingga ke jenjang Doktor (S3). Sedangkan pengalaman dan kepakaran Adi di bidang mind technology ia raih setelah melalui perjalanan pembelajaran yang sangat panjang, intensif, dan ekstensif. Adi belajar mind technology ke para pakar terbaik di bidang mind technology baik di Indonesia maupun di luar negeri:

Thn

Program

Institusi

Trainer

Negara

2012

Clinical Hypnotherapy

Hypnotherapy Training Institute (HTI)

Randal Churchill

Amerika

2011

Graphology

Graphotherapy & Graphocybernetics

Doodle Therapy

Authentic Learning School Indonesia (ALESI)

Sapta Dwikardana

Indonesia

2010

Professional Course in Neurofeedback

EEG Institute

Sue & Sigfried Othmer

Amerika

2010

Master Class in Clinical Hypnotherapy

Hypnotism Training Institute

Gil Boyne

Amerika

2009

Scientific & Clinical Hypnotherapy

Hypnosis Foundation

Tom Silver

Amerika

2009

EEG Scientific Hypnotherapy

Brainwave Foundation

Tom Silver

Amerika

2009

The Awakened Mind

The Anna Wise Center

Anna Wise

Amerika

2007

Abhidhamma

 

Rm. Pandit Kaharudin

Indonesia

2005

Brainwave 1

The Alphalearning Institute

Sean Adam

Swiss

2005

Hypnotherapy

Hypnotherapy Training Institute

Marleen Mulder

Amerika

2005

Hypnotherapy

Indonesia Board of Hypnotherapy

Yan Nurindra

Indonesia

2004

Hypnosis

Indonesia Board of Hypnotherapy

Yan Nurindra

Indonesia

2002

Transformational Thinking

Transformational Thinking Inc

Bill Gould

Amerika

2002

Accelerated Learning

The Accelerated Learning Institute & Training Center

Tom Madden

Amerika

1994

Silva Method

Theta Institute

Lasmono Dyar

Indonesia

 

Satu keunikan Adi adalah ia, berdasar pengetahuan dan pengalamannya melakukan terapi kepada sangat banyak klien, telah mengembangkan teori pikiran bawah sadar yang ia gunakan sebagai dasar untuk mencipta Quantum Hypnotheraputic Protocol (QHP). QHP adalah protokol terapi yang Adi gunakan dalam menangani klien dengan beragam kasus dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Adi juga telah mengembangkan teknik induksi khusus yang telah terbukti mampu membawa klien tipe apa saja masuk ke kondisi deep trance (profound somnambulism) dan lebih dalam lagi dengan tingkat keberhasilan di atas 99%.  

Selain itu, Adi bersama tim Advanced Research and Development yang ia bentuk telah mengkaji, menyempurnakan, dan mencipta banyak teknik intervensi klinis baru untuk menangani berbagai kasus klinis dengan sangat efektif.  

Semua dedikasi dan kerja keras Adi bersama segenap hipnoterapis alumni pelatihannya akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa.  

Bulan April 2012 Adi, sebagai pribadi, dan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology mendapatkan 3 (tiga) penghargaan dan pengakuan internasional dari American Council of Hypnotist Examiners (ACHE), Amerika.  

ACHE adalah lembaga akreditasi pertama di Amerika, dan bahkan di dunia, yang memberikan penilaian atau akreditasi pada lembaga yang mengajarkan hipnoterapi. ACHE didirikan oleh legenda hipnoterapi dunia, Gil Boyne, dan juga Randal Churchill. ACHE juga adalah lembaga pertama di Amerika yang mendapat pengakuan dari pemerintah federal Amerika untuk melakukan akreditasi terhadap standar mutu, kurikulum, dan pelatihan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga hipnoterapi.

ACHE melakukan akreditasi dengan standar yang sangat tinggi dan sangat ketat. Sangat jarang ada lembaga yang berhasil mendapatkan akreditasinya karena salah satu syaratnya adalah lama pendidikan harus minimal 200 (dua ratus) jam tatap muka di kelas.

Pengakuan dan penghargaan ACHE kepada Adi dan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology:  

1. Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology adalah satu-satunya lembaga hipnoterapi di Indonesia yang diterima dan diakui sebagai Approved Hypnotism School oleh ACHE, Amerika.  

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi dan pengakuan sebagai Approved School dari ACHE bukahlah hal yang mudah. Prosesnya cukup panjang dan rumit. Pertama, mereka akan cek sekolah atau lembaga ini sudah berapa lama berdiri. Kedua, siapa trainernya dan latar belakang pendidikan hipnoterapinya, belajarnya di mana, kapan, berapa lama/jam, siapa trainernya, mana bukti sertifikatnya, dll, . Ketiga, kurikulum yang diajarkan di lembaga ini apakah sejalan dengan yang disetujui oleh ACHE.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Approved School yaitu harus menyerahkan kurikulum yang diajarkan dan harus dalam format lama belajar minimal 200 (dua) ratus jam tatap muka di kelas. Kurikulum ini mereka pelajari dengan saksama dan diberi penilaian.

Dengan mendapatkan sertifikasi sebagai Approved School berarti kurikulum hipnoterapi klinis yang diajarkan di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology diakui minimal sama dengan standar kurikulum yang ditetapkan ACHE dan dengan demikian apa yang diajarkan sejalan dengan peraturan dan perundangan yang berlaku di Amerika. 

 2. Adi W. Gunawan adalah satu-satunya trainer hipnoterapi klinis di Indonesia yang diakui sebagai Certified Hypnotherapy Instructor oleh ACHE, Amerika. 

Proses untuk mendapatkan ini juga cukup menarik dan menantang. Syarat utama untuk bisa diakui sebagai pengajar hipnoterapi oleh ACHE yaitu si trainer harus bisa membuktikan bahwa ia telah secara aktif mempraktikkan hipnoterapi minimal 3 tahun. Dan juga harus ada bukti bahwa ia telah mengajar secara aktif dan berkelanjutan dalam kurun waktu ini.

Syarat lain adalah ACHE meminta bukti sertifikat di mana calon Certified Hypnotherapy Instructor pernah belajar hipnoterapi. Dan yang lebih sulit lagi adalah ACHE hanya mengakui atau menerima sertifikat dari lembaga atau sekolah hipnoterapi yang juga punya akreditasi sebagai Approved School dengan masa studi minimal 200 jam tatap muka. Selain memiliki sertifikasi pelatihan hipnoterapi 200 jam Adi juga memiliki sertifikat Master Class in Clinical Hypnotherapy yang didapat dari Gil Boyne.

3. Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology adalah satu-satunya lembaga yang dipercaya sebagai Designated Examiner mewakili ACHE untuk wilayah Indonesia.

Sebagai Designated Examiner, Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology dipercaya untuk melakukan penilaian atau akreditasi, atas nama ACHE, terhadap lembaga atau sekolah hipnoterapi di Indonesia bila ingin mendapat sertifikasi sebagai Approved School dari ACHE. Ini tentunya adalah satu posisi yang sangat strategis dan merupakan kepercayaan yang sangat besar dari ACHE kepada Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology. 

4. Adi W. Gunawan adalah satu-satunya orang Indonesia yang telah menempuh pendidikan hipnoterapi klinis di Hypnotherapy Training Institute, Amerika, seperti yang disyaratkan oleh ACHE dan berhasil mendapat sertifikasi sebagai Clinical Hypnotherapist (certf. # CHT 412-152).

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online2
Hari ini340
Sepanjang masa34.528.742
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique