Mengapa Akar Masalah Sering Berasal Dari Masa Kecil?

30 Juli 2011 22:09

Seorang kawan bertanya kepada saya, "Pak Adi, anda sering mengatakan bahwa hampir semua masalah yang dialami orang dewasa bila dicari akar masalahnya selalu ditemukan di masa kecil. Apa benar seperti ini adanya? Trus...kok bisa seperti ini ya? Penjelasan ilmiahnya seperti apa?"

Wah, ini pertanyaan yang mudah ditanyakan tapi sulit dijawab. Jujur jawaban standar saya untuk pertanyaan di atas adalah berdasarkan pengalaman praktik saya. Oh ya saya mau koreksi pertanyaan di atas. Akar masalah tidak selalu, tapi hampir selalu, berasal dari masa kecil.

Dari pengalaman membantu sangat banyak klien saya menemukan satu hal menarik. Hampir semua, tapi tidak selalu, masalah yang dialami seseorang (dewasa) berasal dari pengalaman (traumatik) yang terjadi di bawah usia 12 tahun.

Tapi mengapa akar atau sumber masalah justru terjadi saat masih anak-anak?

Sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, satu hal yang perlu kita sadari yaitu bahwa setiap kejadian sebenarnya netral, tidak ada artinya, tidak baik maupun buruk. Suatu kejadian, pengalaman, atau peristiwa dikatakan baik atau buruk bergantung pada makna yang kita berikan. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Epicetus (100 SM), "Men are disturbed not by things but by the views which they take of them".

Makna ini selanjutnya akan mengakibatkan munculnya suatu emosi tertentu. Nah, yang menjadi masalah adalah bila emosi yang muncul adalah emosi negatif. Emosi negatif yang terhubung atau melekat pada suatu peristiwa tertentu selanjutnya akan mendikte munculnya respon spesifik, saat ia dewasa, bila ia mengalami lagi situasi atau peristiwa yang sama atau serupa dengan yang dulu pernah ia alami.

Contohnya begini. Baru-baru ini saya menangani seorang klien dewasa yang tidak bisa menyanyi, khususnya di atas panggung. Klien ini sebenarnya punya suara yang cukup merdu. Namun setiap kali ia naik panggung mau menyanyi maka yang dirasakan adalah perasaan panik, tidak mampu, tidak percaya diri, takut, dan jantungnya berdebar keras sehingga ia tidak bisa menyanyi.

Setelah dicari akar masalahnya ternyata saat ia berusia 5 tahun ia pernah menyanyi di panggung dan lupa syair lagunya. Saat itu, masih menurut klien ini, semua penonton menertawakan dirinya. Tentu ia merasa malu sekali. Dan sejak saat itu ia memutuskan bahwa menyanyi itu sangat menyakitkan hatinya. Jadi lebih baik tidak menyanyi.

Begitu keputusan ini dibuat, yang sebenarnya kurang tepat karena keterbatasn kemampuan berpikirnya saat itu, jika tidak mau dikatakan sebagai keputusan yang salah, maka pikiran bawah sadarnya akan melakukan apa saja untuk menjalankan keputusan ini.

Tapi mengapa ia bisa sampai pada kesimpulan ini? Kan nggak masuk akal. Lha, masa hanya gara-gara lupa syair, terus ditertawakan teman-temannya, eh.. malah ngambek seterusnya nggak mau menyanyi sampai dewasa. Ini sungguh tidak masuk akal.

Ini kan cara berpikir orang dewasa. Kita, yang sudah dewasa akan berkata seperti yang saya tulis di atas. Tapi namanya anak-anak tentu proses berpikirnya berbeda.

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini tentu kita perlu mengerti cara berpikir anak. Dan salah satu pakar ternama yang khusus meneliti proses berpikir anak adalah Jean Piaget. Saya selanjutnya mempelajari pemikiran dan karya Piaget melalui bukunya yang berjudul The Child’s Conception of The World. Piaget mempelajari perkembangan kognitif anak khususnya pada aspek kemampuan dalam memproses dan memahami informasi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda.

Piaget memberikan subjek penelitiannya berbagai pertanyaan atau soal dan mengamati bagaimana anak memanipulasi informasi untuk bisa mencapai suatu kesimpulan.

Misalnya, untuk anak berusia di bawah 7 tahun, jika ditunjukkan gambar 2 pohon yang jenis dan tingginya berbeda maka mereka akan memilih pohon yang lebih tinggi sebagai pohon yang lebih tua. Anak yang lebih besar, di atas 7 tahun, akan bertanya kapan pohon-pohon itu ditanam. Dengan kata lain anak yang lebih tua memiliki kemampuan untuk memproses lebih banyak informasi saat berpikir tentang sesuatu.

Level kerumitan dan kecakapan berpikir anak, sejalan dengan perkembangan usia mereka, dibagi menjadi empat kategori; nominal, ordinal,interval, dan ratio.

Nominal Data
Pada tahap ini kemampuan berpikir didasarkan pada prinsip "ya" atau "tidak", baik atau buruk, benar atau salah, menang atau kalah. Pada level ini tidak dikenal wilayah "abu-abu". Yang ada hanya hitam atau putih.

Level berpikir ini sering mengakibatnya terciptanya belief dan keputusan yang menghambat. Anak kecil tidak bisa terhindar dari cara berpikir ini karena keterbatasan kemampuan kognisi mereka. Dan dari riset lain diketahui bahwa bagian prefrontal cortex anak masih belum berkembang optimal pada usia dini.

Misalnya jika anak melihat kedua orangtuanya ribut atau bertengkar. Anak biasanya akan menyimpulkan, "Papa dan mama ribut pasti karena saya" atau "Nanti kalau sudah besar saya nggak mau nikah karena akan ribut seperti papa dan mama".

Ordinal Processing Pada level ini anak bisa melakukan pengurutan informasi. Kemampuan ini melibatkan pembandingan data dengan tujuan menghasilkan ranking atau urutan. Misalnya, jika dalam suatu pertandingan anak mendapat informasi posisi mereka, dan anak tahu, misalnya "Saya juara dua", maka informasi ini sudah lebih tinggi levelnya daripada sekedar kalkulasi nominal "Saya menang" atau "Saya kalah".

Interval Processing
Pada level ini kemampuan berpikir semakin berkembang. Anak mampu berpikir lebih abstrak misalnya dalam memaknai urutan posisinya dalam suatu peristiwa. Pada contoh di atas, bila anak berpikir di level ini, maka yang ada di pikirannya bukan sekedar "menang" atau "kalah" tapi seberapa dekat saya menang, tidak sekedar saya juara dua.

Ratio Processing
Level ini adalah level yang paling tinggi. Level ini mencakup tiga level di bawahnya dan juga kemampuan berpikir abstrak yang lebih tinggi. Misalnya, "Apakah menjadi juara satu adalah benar-benar penting bagi saya?". Kemampuan ini yang dimaksud saat seseorang berkata, "Berpikir di luar kotak atau thinking outside the box".Ini adalah level berpikir di mana kita mampu melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda.

Penelitian Piaget menemukan bahwa kemampuan berpikir anak terbatas pada level nominal dan ordinal processing hingga kira-kira usia tujuh tahun. Pada usia delapan hingga dua belas tahun anak mengembangkan kemampuan interval dan ratio processing.

Dengan demikian belief atau kepercayaan yang terbentuk saat kita masih kecil semata-mata hanya dibatasi oleh kemampuan kognitif kita. Dan untuk bisa membantu klien mengatasi masalahnya maka kita perlu membawa klien mundur (regresi) ke masa saat keputusan atau kesimpulan atau pemaknaan dibuat. Tujuannya adalah untuk melakukan edukasi ulang untuk menghasilkan makna atau kesimpulan baru yang lebih konstruktif dan kondusif untuk hidup klien (dewasa).

Lalu, mengapa pada contoh di atas klien yang sudah dewasa masih tetap takut menyanyi?

Jawabannya sederhana. Saat klien naik di atas panggung maka panggung ini menjadi trigger atau pemicu aktifnya suatu part atau bagian dari diri klien, bagian yang dulu pernah mengalami pengalaman "traumatik" saat ia masih kecil. Bagian ini, yang kita kenal dengan nama Inner Child, akan menolak untuk menyanyi. Proses yang terjadi adalah age regression atau klien ini mundur kembali ke masa kecilnya. Sudah tentu proses ini terjadi dengan begitu cepat di pikiran bawah sadar. Yang ia rasakan hanyalah perasaan tidak nyaman yang membuat ia tidak mau menyanyi. Pikiran sadar mungkin sudah lupa kejadian di masa lalu. Tapi pikiran bawah sadar akan tetap ingat.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online3
Hari ini792
Sepanjang masa34.529.194
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique