Tentang "HIPNOTERAPIS" yang Mengaku Alumnus AWG Institute

4 April 2013 16:29

Saya menulis artikel ini untuk menjawab pertanyaan beberapa rekan dan sebagai pemberitahuan sekaligus penjelasan kepada khalayak ramai.

Ceritanya begini. Akhir-akhir ini saya mendapat banyak pertanyaan dari calon klien, baik yang mengirim email langsung ke saya atau menghubungi AWG Institute, yang mengatakan mereka telah menjalani terapi dengan hipnoterapis alumnus pelatihan saya dengan sistem paket dan merasa belum mendapat hasil seperti yang diharapkan. Menurut calon klien ini ia telah menjalani 3 paket masing-masing terdiri 4 sesi terapi. Jadi, total 12 sesi terapi untuk kasus tidak percaya diri.

Ada lagi yang mengatakan bahwa ada hipnoterapis alumnus pelatihan saya yang memberi jaminan kesembuhan dengan pelayanan terapi sebanyak yang dibutuhkan klien. Intinya, klien membayar, di depan, sejumlah besar rupiah dan terapis memberikan pelayanan terapi sebanyak dan sesering yang diinginkan klien sampai klien sembuh total dan puas.

Ada calon klien yang mengatakan bahwa mereka telah menjalani terapi beberapa sesi dengan hipnoterapi alumnus pelatihan saya dan sama sekali tidak ada hasilnya dan kecewa karena alumnus ini mematok harga yang sangat tinggi, jauh di atas ketentuan lembaga, dan tidak profesional.

Dan masih ada lagi informasi lain yang disampaikan pada kami tentang "hipnoterapis" lulusan AWG Institute.

Saya sangat berterima kasih atas semua informasi yang disampaikan kepada kami karena ini penting sebagai bentuk kontrol sosial/masyarakat terhadap bentuk pelayanan hipnoterapi yang dilakukan oleh para hipnoterapis yang pernah belajar ke lembaga saya.

Dari penggalian lebih lanjut akhirnya diketahui bahwa para hipnoterapis yang dikeluhkan oleh para calon klien itu bukan hipnoterapis yang pernah belajar ke (lembaga) saya. 

Berdasar informasi yang berhasil kami himpun, baik yang dilakukan AWG Institute dan dari para klien yang ditangani hipnoterapis lulusan AWG Insitute, ditemukan bahwa hipnoterapis itu, yang mengaku sebagai murid saya atau lulusan AWG Institute, sebenarnya adalah:

- mereka yang membaca buku-buku saya dan mengaku sebagai hipnoterapis alumnus pelatihan saya.

 - mereka yang telah mengikuti seminar singkat yang saya selenggarakan, selama 2 - 3 jam, dan mengaku sebagai murid saya dan merasa sudah tahu semuanya.

- mereka yang pernah ikut seminar (2 - 3 jam) dan mendapat sertifikat dan kemudian mengaku sebagai murid saya.

- mereka yang menyaksikan rekaman seminar Scientific EEG & Clinical Hypnotherapy yang saya selenggarakan dan mengaku sebagai murid saya.

- mereka yang ikut pelatihan Quantum Life Transformation selama 3 malam 4 hari, mendapat sertifikat sebagai peserta QLT, dan merasa sudah cakap melakukan terapi, dan mengaku telah belajar ke saya. 

Saya perlu menjelaskan perbedaan antara Quantum Life Transformation workshop (3 malam 4 hari) dan Scientific EEG & Clinical Hypnotherapy ( 9 hari = 100 jam).

QLT adalah pelatihan berbasis terapi yang bertujuan mengajar teknik self-healing. Berbagai teknik yang diajarkan di QLT hanya untuk diterapkan ke diri sendiri, BUKAN untuk diterapkan ke orang lain.  Walaupun sudah jelas bahwa teknik terapi yang diajarkan di QLT workshop adalah untuk menerapi diri sendiri atau self-healing tetap saja ada peserta yang berani buka praktik.

Peserta QLT yang berani buka praktik ini modalnya hanya nekad, pemberian sugesti, dan Hypno-EFT. Ia sama sekali belum pernah belajar hipnosis atau hipnoterapi. Lebih luar biasa lagi peserta ini, walau sudah saya ingatkan  untuk tidak melakukan terapi, tetap saja buka praktik. Dan yang sungguh luar biasa lagi, saat ia tidak berhasil mengatasi masalah klien, tanpa segan ia menghubungi saya dan minta waktu untuk konsultasi dan minta saran dan masukan untuk menangani kliennya. Sudah tentu permintaan ini saya tolak. 

Pengetahuan mengenai pikiran, dasar teori, teknik terapi, dan yang lainnya yang diajarkan di QLT sudah tentu tidak sedalam yang diajarkan di SECH (d/h QHI). Jadi, mereka yang ikut QLT, walau sudah reseat berkali-kali, tetap TIDAK CAKAP untuk melakukan hipnoterapi atau menerapi orang lain. Mereka hanya cakap menerapi diri sendiri.

Jadi, bila Anda ada melihat foto seseorang bersama saya, dan ia mengaku sebagai murid saya, maka tanyakan apakah ia punya sertifikat C.Ht dari AWG Institute? Biasanya foto itu adalah foto saat ikut QLT atau pas saya mengadakan seminar singkat.

Bila Anda terlanjur datang ke tempat hipnoterapis yang mengaku sebagai alumnus pelatihan saya maka pastikan Anda melihat di ruang praktiknya ada sertifikat sebagai hipnoterapis yang dikeluarkan Adi W. Gunawan Instiute of Mind Technology atau yang dulu masih menggunakan nama Quantum Hypnosis Indonesia. Bila mereka tidak bisa menunjukkan sertifikat ini maka pasti bukan alumnus pelatihan saya.

Kami punya standar baku untuk melakukan hipnoterapi antara lain:

- setiap klien pasti akan mendapat penjelasan detil apa yang akan kami lakukan dengan menggunakan QPG. Bila hipnoterapis tidak menggunakan QPG maka pasti bukan alumnus pelatihan saya.

- klien pasti diminta mengisi intake form.

- penampilan dan postur terapis yang profesional.

- ruang terapi yang baik, bersih, menggunakan kursi reclyning yang bagus. Terapi tidak pernah dilakukan di ranjang atau berbaring di lantai, apalagi di sebuah gudang yang tidak representatif.

- kami tidak pernah menjanjikan kesembuhan. Setiap kali melakukan terapi saya selaku mengatakan bahwa saya hanya melakukan upaya maksimal dan tidak menjanjikan kesembuhan klien.

- kami tidak pernah menggunakan sistem paket. Aturan lembaga kami yaitu kami minta komitmen maksimal sampai 4 (empat) sesi terapi. Tidak berarti harus dijalani sampai 4 sesi. Bila dalam satu atau dua sesi sudah sembuh maka terapi tidak perlu diteruskan.

- profesional fee yang ditetapkan juga seragam dengan lama sesi terapi sekitar 2 jam. Untuk jelasnya bisa lihat di www.AdiWGunawan.com atau bisa langsung menghubungi AWG Institute.

- setiap masukan, saran, atau keluhan yang disampaikan oleh klien yang ditangani oleh hipnoterapis lulusan AWG Institute pasti mendapat perhatian serius dan ditindaklanjuti.

Sebagai hipnoterapis kami tentu punya keterbatasan. Tidak semua kasus dapat kami bantu atau sembuhkan. Ada juga yang telah menjalani beberapa sesi terapi namun belum mencapai hasil maksimal seperti yang diharapkan. 

Itu sebabnya kami menetapkan standar terapi maksimal sebanyak empat sesi. Bila sampai empat sesi sama sekali tidak ada perubahan positif dalam diri klien maka terapi kami hentikan. Kami mundur dan menyatakan tidak sanggup membantu klien ini karena pengetahuan dan kecakapan kami belum mampu membantu klien mengatasi masalahnya. Klien disarankan untuk mencari terapis lain yang lebih kompenten. 

Bila Anda ragu hipnoterapis yang akan membantu Anda adalah lulusan AWG Insitute atau bukan maka Anda bisa bertanya langsung ke AWG Insitute melalui email cs@adiwgunawan.com atau telpon 031 5461827 dan 5470437.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online15
Hari ini780
Sepanjang masa34.523.522
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique